Tips Supaya AC Mobil Lebih Dingin

July 31, 2017 | By admin | Filed in: Mobil.

Tips agar AC mobil lebih dingin adalah dengan membungkus selang AC yang ada di ruang mesin dengan busa dan dilapisi alumunium di bagian luarnya. Sebab menurut beberapa temannya, kemungkinan penyebab AC mobilnya tak dingin lantaran hawa panas dari mesin mengenai selang-selang tersebut. Sehingga mempengaruhi kemampuan dinginnya. Apa betul?

selang ac mobil

“Menurut saya itu hanya mitos saja. Kalau memang faktor panas mesin mempengaruhi AC, kenapa waktu barunya dari pabrik tidak diberi pembungkus? Pembungkus hanya diperlukan pada bagian selang atau pipa yang berisiko terkena gesekan. Sehingga selang atau pipa tersebut terhindar dari kebocoran,” ujar Ferry, punggawa bengkel spesialis AC Auto Rotary II di Jl. RC.Veteran, Bintaro, Jaksel.

Hal senada juga dilontarkan Hamwiyanto.K dari toko AC Mitra Makmur dan Adi dari Himalaya AC di pusat onderdil mobilSpesifikasi dan Harga Mitsubishi Delica D-5 . Read more ... » kawasan Duta Mas Fatmawati, Jaksel.
“Hawa panas mesin tak akan mempengaruhi kualitas dinginnya AC. Umumnya pembungkus busa selain digunakan pada bagian pipa yang rentan bergesekan, juga hanya digunakan pada pipa AC yang masuk dalam kabin. Tujuannya untuk mencegah air hasil pengembunan di permukaan pipa menetes ke dalam kabin,” terangnya.

Untuk membuktikannya, OTOMOTIF coba melakukan pengujian langsung pada MitsubishiSpesifikasi dan Harga Mitsubishi Strada Triton . Read more ... » Kuda GLX 1.6 keluaran 2000. Sebelum semua pipa saluran AC dibungkus busa, suhu di kisi-kisi AC diukur pakai termometer khusus AC.

Saat itu setelan temperatur dipanteng full dan putaran blower di level kedua. Hasilnya setelah beberapa menit, termometer membaca tingkat kedinginan AC mentok di angka 5 derajat Celcius.

Selanjutnya, pipa saluran AC di ruang mesin diberi pembungkus khusus, lalu suhu di kisi-kisi AC diukur lagi dengan metode yang sama. Hasilnya, ternyata tingkat kedinginan AC masih sama saja, mentok di angka 5 derajat Celsius.

Tips agar AC Mobil Tetap Dingin

•  Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang didepan karena akan tersedot kedalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yg tidak enak bila pertama kali AC dihidupkan.

•  Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor.

•  Memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, Karena kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.

•  Perisalah ExtraFan (kipas) yang didepan Condensor apakah hidup bila Ac dihidupkan. Bila tidak segera ganti, akan mengakibatkan Compressor rusak atau selang high press bisa meledak.

•  Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator nikotinnya yang lengket dan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang.

•  Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.

•  Sebelum menghidupkan mesin matikan AC terlebih dahulu, sesudah mesin stabil baru hidupkan AC. Begitupun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu bila mau matikan mesin.

•  Jangan memakai pengharum wewangian yang mutunya kurang jelas, akan menimbulkan bau dan susah dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum model colok ke grill sebab sering terjadi patah. (karena sebagian Grill susah dapat dibeli dipasaran).

•  Kalau ada gejala yang tidak biasa seperti AC kurang dingin lebih baik segera ke bengkel specialist ac mobil, agar tidak terlanjur rusak yang mengakibatkan biaya tinggi.

•  Lakukan perawatan rutin AC? Sangat disarankan setahun sekali, yang perlu diganti Receiver Dryer, Oil Compressor, services Blower, Evaporator, kuras Condensor dan Freon. Perawatan rutin di samping memperpanjang fungsi Componen AC menjadi lebih lama, juga akan membuat udara segar yang berembus selalu segar.

Itulah tadi beberapa tips cara agar AC mobil tetap dingin, apalagi kalau siang hari jadi tidak perlu puter AC sampai full, kasihan mesinnya harus neraung raung dan boros BBM. Semoga tips tadi bisa bermanfaat bagi sobat semua. Terimakasih.


One comment on “Tips Supaya AC Mobil Lebih Dingin

  1. byar ac bobil tetap dingin,rawatlah sesua aturan minimal 6 blan ,skali di servis..biyar kejaga dari kotoran..yg masuk ke kabin blower,jaga biar tetap bersih ruangan mobil,gunakan refrigen/pereon yg bagus,jga kontrol oil kompresor,dan jangan lupa…gantilah derayer stiap x servis…di jamin awet ademya