Perbedaan Scoopy, Yamaha Fino dan Suzuki Letz

June 6, 2017 | By admin | Filed in: Honda, Suzuki, Yamaha.

Perbedaan dan persamaan honda scoopy, yamaha fino dan suzuki letz akan kita bahas di sini. Yang jelas kalau persamaannya adalah sama sama motor scooter yang cocok buat para ibu ibu dan cewek. Dan ke-3nya sama sama matik. Scoopy lebih lahir duluan kemudian karena liat dia sukses kemudia di susul yang lain, barang kali begitu ya.

Sebelum berbicara lebih jauh tentang perbedaan dan persamaan antara scoopy, fino dan letz, ada baiknya kita liat speknya lebih detail dulu ya.

yamaha fino

suzuki Letz

Spesifikasi Motor Honda Scoopy

Dimensi
Dimensi (P x L x T)         1.844 x 699 x 1.070 mm
Jarak sumbu Roda         1.240 mm
Jarak terendah ke tanah     150 mm
Berat kosong             94 kg

Rangka
Rangka             Tulang punggung
Suspensi depan         Teleskopik
Suspensi belakang     Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
Ukuran Ban depan     80/90-14M/C 40P
Ukuran Ban Belakang     80/90-14M/C 40P
Rem depan         Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakang         Tromol

Mesin
Tipe mesin         4 Langkah SOHC
Sistem pendinginan     Pendinginan udara dengan kipas
Diameter x langkah     50 x 55 mm
Volume langkah         108 cc
Perbandingan kompresi     9.2 : 1
Daya maksimum         6,27 kW (8.52 PS) / 8.000 rpm
Torsi maksimum         8,68 N.m (0.89 kgf.m) / 6.500 rpm
Kopling         Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Starter         Electric starter & kick starter
Busi             ND U24EPR9, NGK CPR8EA-9

Kapasitas
Kapasitas tangki bahan bakar     3,5 liter
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin     0,7 liter pada penggantian periodik
Transmisi             Otomatis, V-MaticHarga dan Spesifikasi Motor Honda Vario Techno. Read more ... »

Kelistrikan
Aki                 MF battery, 12 V – 3 A.h
Sistem pengapian         DC – CDI, Battery
Karburator             VK22x1
Lampu depan             12V 32W x 1
Lampu senja             12V 5W x 1

Spesifikasi Yamaha Fino

Mesin
Tipe mesin             :    4 Langkah, 2 Valve SOHC
Jumlah/Posisi silinder         :    Silinder Tunggal / Mendatar
Diameter x Langkah        :    50,0 X 57,9 mm
Perbandingan kompresi         :    9,30 : 1
Daya maksimum             :    7,75 PS (5.7 kW) / 8.500 rpm
Torsi maksimum             :    8,5 N.m / 5.000 rpm
Sistem starter            :    Electric Starter dan Kick Starter
Sistem pelumasan         :    Basah
Kapasitas oli mesin         :    0,85 liter / Perawatan Berkala : 0,74 liter
Sistem bahan bakar         :    (Fuel Injection System) YMJET-FI
Tipe kopling             :    Kering, Kopling Sentrifugal Otomatis
Tipe transmisi             :    V-belt Otomatis
Pola pengoperasian transmisi     :    Otomatis

Rangka
Tipe rangka             :    Pipa Baja (Underbone)
Suspensi depan             :    Teleskopik
Suspensi belakang         :    Unit Swing, Suspensi Tunggal
Ban depan             :    70/90-14M/C 34P
Ban belakang             :    80/90-14M/C 46P
Rem depan             :    Cakram
Rem belakang             :    Tromol

Dimensi
P X L X T (mm)             :    1.870 X 700 X 1.066
Jarak sumbu roda         :    1.260 mm
Jarak terendah ke tanah     :    130 mm
Tinggi tempat duduk         :    745 mm
Berat isi             :    95 kg
Kapasitas tangki bensin     :    4,8 liter

Perbedaan Desain

Yang pertama akan kita bahas perbedaan desain. Soal desain semuanya menyusung konsep Retro, dapat dilihat dengan garis desainnya yang serba bulat, untuk Mio Fino bagian muka mendapatkan penyegaran yang cukup keren, bentuk desain lampu yang menonjol ke depan, dan lampu sein yang berada menyatu dengan body, selain itu bentuk spionnya berbentuk seperti sepeda-sepeda antic, menambah aura klasiknya, dan yang unik juga desain speedometer yang terpisah besar dan kecil, terlihat lebih keren menurut saya. Untuk Scoopy terlihat dinamis dengan bentuk yang serba membulat, lampu sein yang menampilkan kesan sporty juga pilihan warna yang diberikan mampu memberikan kesann retro modern yang kuat, untuk lets pun hampir sama, bentuk buntutnya juga keren terinspirasi dengan hayabusa, sayang bentuk mukanya kurang menarik dibandingkan competitor. Tapi terlepas dari apapun itu  masalah desain kembali ke selera masing-masing.

Perbedaan Harga

Soal hargaHarga dan Spesifikasi Motor Honda Vario Techno. Read more ... » ketiganya memiliki harga yang tidak terpaut jauh dengan yang termurah SuzukiKelebihan Suzuki Ertiga Spesifikasi dan Harga. Read more ... » Lets dibandrol 13,95 untuk type sporty dan juga 14,1 untuk type premium, Mio FIno FI juga memiliki type sporty maupun premium, yang dibandrol sama yaitu 14,25 juta, sedangkan yang paling mahal ada HondaSpesifikasi dan Harga Motor Honda Blade 125 FI Injeksi 2014. Read more ... » Scoopy sporty dan stylish yang dijual seharga 14,5 juta, semuanya OTR Jakarta ya. Kalau di kota lain ya beda beda dikit lah ya, kecuali kalau di papua sana, barang kali jauh lebih mahal.

Perbedaan Performa&Mesin

Karena MD blog belum memiliki kesempatan mencoba ketiga motor diatas jadi MD blog hanya akan membahasnya sebatas data hehehe. Diatas kertas memang semuanya beda tipis, Fino FI punya tenaga 7,67 dk/8500 rpm dan torsi 8,5 Nm/5000 rpm, scoopy FI 8,44 dk/8000 rpm dan torsi 8,68 Nm/6500 rpm, sedangkan  Lets memiliki tenaga yang paling powerfull 9,3 dk/8000 rpm dan torsi 8,7Nm/6000rpm.
Selain itu InjeksiKelebihan dan Kekurangan Yamaha Byson Injeksi 2014. Read more ... » memakai system yang sama close loop dan sudah disematkan O2 sensor, ketiganya juga sudah dilengkapi mesin yang memiliki teknologi low friction, minim gesekan, dan roller rocker arm.
Konsumsi BBM ketiganya tidak berbeda jauh, hal ini karena ketiganya sudah memiliki system pambakaran yang sama yaitu system Injeksi, menurut majalah Otomotif edisi 42:XXIII dengan menggunakan bensin Ron 92 Fino Fi mencatatkan diri sebagai yang teriirit 43km/liter, dan Scoopy FI 42,7 Km/lt dan Lets 40 km/lt.

Perbedaan Fitur dan Teknologi

Di era kompetisi ini cukup menguntungkan bagi para konsumen karena ATPM berlomba-lomba memberikan berbagai macam fitur, banjir fitur menjadi senjata untuk memikat konsumen.
Mio Fino berbeda dengan pendahulunya yang minim fitur, untuk type FI ini memiliki fitur yang sangat lengkap, diantaranya smart lock system, smart side stand, kontak berpengaman magnet sekaligus pembuka jos, bagasi 4 liter, tangki bensin 4,8 liter, dan juga bobot 95kg, bobot dibawah 100 ini membuat motor matic jadi semakin mudah dikendarai, selain itu teknologi MotoGP tersemat di bagian mesinnya Diasil cylinder dan Forged piston.
Untuk scoopy fitur safetynya masih standart PBL, SSS, kontak magnet, pembuka jok dan juga dilengkapi dng tombol mirip dengan punya Vario 125, bagasi yang paling besar 15,4 liter, tangki bensin 3,7 liter. Dan tentu saja yang paling menarik adalah pemakaian lampu proyektor, bobotnya paling besar diantara produk sekelasnya 96KG.
Untuk lets dilengkapi system pengaman magnet, tapi sayang pembuka joknya tidak menjadi satu dengan kunci depan, jadi harus sedikit repot untuk mebuka jok, bagasi lets juga terbilang paling kecil hanya sekitar 5,4 liter, dan juga kapasitas tangki bbm yang paling kecil hanya sekitar 3,5 liter, sehingga bobotnya menjadi sangat ringan hanya 90Kg.

Kan hampir sama saja, tinggal selera masing masing mau pilih yang mana. Ada yang lebih cocok dengan yamahaKelebihan dan Kekurangan Yamaha RX King. Read more ... » ada yang honda ada yg lebih sregs dengan suzuki. Perbedaannya sangat tipis kecuali nama. Dan persamaannya juga banyak.


Comments are closed here.